Tips Travelling dengan Membawa Kamera Agar Tetap Aman

Kamera merupakan salah satu barang yang wajib di bawa ketika travelling. Mengabadikan setiap keindahan alam akan menjadi momen yang sangat berkesan. Hasilnya dapat dijadikan sebuah kenangan yang tidak ternilai. Namun membawa kamera saat travelling cukup mengkhawatirkan. Maka dari itu simak tips travelling dengan membawa kamera agar tetap aman berikut ini.

1. Bawa Tas Khusus Kamera

Tips travelling dengan membawa kamera yang pertama adalah pastikan untuk menyiapkan tas khusus kamera. Jangan masukan kamera kedalam tas ransel bersama perlengkapan travelling yang lain. Sebab hal tersebut tidak menjamin keamanan body kamera, filter atau lensa dan perlengkapan lainnya.

Gunakan tas waterproof, untuk antisipasi hujan yang bisa turun kapan saja saat perjalanan. Kemudian pilih tas yang tebal dan kuat sehingga mampu melindungi kamera dari benturan, debu, maupun goresan.

2. Gunakan Tutup Lensa

Ketika ingin mengabadikan keindahan di luar ruangan saat traveling, maka menggunakan penutup lensa pada kamera sangatlah penting. Fungsinya adalah sebagai pelindung lensa kamera dari debu, ataupun goresan. Sebab goresan pada lensa akan berpengaruh terhadap kualitas gambar yang dihasilkan.

Sehingga lebih disarankan untuk menutup lensa saat kamera tidak digunakan. Karena bentuknya yang kecil seringkali benda ini tertinggal atau hilang di sebuah lokasi. Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka gunakan tali penghubung pada penutup lensa dan kamera.

3. Tempatkan Kamera di Tempat yang Aman

Ketika berada di dalam mobil, kamar hotel, atau lokasi transit, traveller harus memastikan kamera telah ditaruh di tempat yang aman. Posisinya juga harus benar dan tetap berada dalam tas. Sebab tidak mungkin akan membawa kamera setiap saat.

Apabila tengah berada di penginapan atau hotel, lebih baik simpan di dalam lemari, kunci dan pastikan keamannya sebelum pergi. Tindakan waspada saat melakukan travelling ini perlu untuk meminimalisir peluang orang yang berniat melakukan pencurian.

4. Perhatikan Kondisi Sekitar

Tips travelling dengan membawa kamera selanjutnya yakni tetap prioritaskan keamanannya dimanapun lokasi wisata yang dikunjungi. Seperti gunakan tas waterproof ketika melakukan perjalanan air, dan pegang kamera saat trekking agar tetap aman dari air atau goresan.

Setiap kamera tentu dilengkapi dengan starp yang memungkinkan pengguna untuk menyampirkannya ke samping atau menggantungnya di leher. Sehingga lebih praktis, namun ini tentu berbahaya. Lebih baik gunakan strap berwarna hitam tanpa logo atau stap berantai kecil yang tidak mudah putus atau mudah dipotonng. Sebab banyak kasus penjambretan dengan memotong tali kamera dan berujung melukai leher traveller.

5. Bawa Perlengkapan Pembersih Kamera

Sebagai perawatan agar kamera bisa tahan lama dan gambar yang dihasilkan berkualitas, maka jangan sampai melupakan set pembersih kamera. Perelengkapan ini sangat berguna untuk menghindarkan debu atau kotoran atau cipratan air yang kemungkinan akan berpengaruh pada performanya.

6. Jaga Kelembaban Kamera

Salah satu hal yang juga harus diperhatikan saat travelling membawa kamera adalah tingkat kelembaban. Sebab apabila terlalu tinggi bisa menggangggu bahkan merusak kinerja kamera.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, direkomendasikan membawa silica gel, sehingga kelembapan barang dapat diserap. Kemudian saat transit atau berada di penginapan, keluarkan kamera dari tas untuk menjaga kondisinya agar tidak terlalu lembab.

7. Asuransikan Kamera Sebelum Travelling

Sebelum traveling, melakukan asurans terhadap kamera merupakan hal yang wajar. Hal ini tentu diperlukan mengingat biaya untuk membelinya terbilang tinggi, terlebih jika memiliki merk dan kualitas yang baik.

Setidaknya dengan asuransi, traveller bisa memperoleh jaminan ketika terjadi kerusakan atau hilang sebab tertinggal atau dicuri. Umumnya asuransi ini sudah termasuk kedalam travel insurance dengan ketentuan tertentu untuk jaminan keamanan.

Demikian beberapa tips travelling dengan membawa kamera agar tetap aman saat perjalanan. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.