Trik Untuk Memotret Pemandangan Menggunakan Ponsel

Sekarang ini teknologi smartphone semakin berkembang, terlebih dari segi kameranya. Masing-masing brand berlomba menawarkan kamera dengan resolusi tinggi untuk menghasilkan foto bagus. Ada beberapa trik untuk memotret pemandangan menggunakan ponsel agar hasilnya maksimal dan instagramable. Cara ini bisa dilakukan oleh siapapun, hasilnya tergantung dari seberapa sering percobaan yang dilakukan.

1. Gunakan Resolusi Tertinggi dan Hindari Zoom

Ponsel keluaran baru sepertinya sudah memiliki resolusi kamera yang tinggi, maka gunakanlah resolusi tertinggi yang dimiliki. Penggunaan resolusi yang tinggi dapat mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan, salah satunya adalah gambar lebih tajam. Perlu dicatat juga kalau sudah menggunakan resolusi tinggi, maka hindari penggunaan zoom.

Dalam hal ini, disarankan juga untuk menggunakan titik fokus tengah atau beberapa titik tergantung dari fitur yang terdapat pada ponsel. Penggunaan titik fokus tengah akan membuat hasil jepretan tambah bagus, terlebih jika terdapat objek yang menonjol dalam tangkapan lensa kamera.

2. Cari Spot Yang Bagus

Trik kedua adalah carilah spot yang mendukung dan nantinya akan memberikan kesan bahwa pemandangan tersebut benar-benar indah. Agar hasilnya terlihat beda, namun tetap berkesan adalah carilah sudut yang berbeda dan bandingkan dengan sudut pengambilan yang lain juga. Semakin ekstrem sudut yang dipilih, maka bernilai hasil gambarnya nanti.

3. Pengaturan Pencahayaan

Ada beberapa settingan di ponsel yang harus diperhatikan ketika mengambil foto pemandangan di tempat yang mendukung pencahayaan ataupun tidak. Pertama tidak lain adalah pencahayaan di lokasi tersebut. Jika lokasinya cerah, maka gunakan ISO terendah yang terdapat pada ponsel atau naikkan 50-100 saja.

Akan berbeda lagi jika pencahayaannya sangat minim, maka gunakan ISO secukupnya. Pasalnya, jika ISO terlalu tinggi maka hasil fotonya akan memiliki banyak noise. Begitu juga penggunakan flash, karena ini akan memotret pemandangan, sebaiknya hindari flash.

4. Perhatikan Kestabilan

Salah satu trik untuk memotret pemandangan agar hasilnya maksimal adalah kestabilan ketika memegang ponsel. Pastikan ponsel dalam genggaman yang kuat atau gunakan alat bantu agar tidak goyah, sehingga hasil foto tidak blur. Penggunaan timer juga bisa dimanfaatkan untuk memastikan bahwa ponsel sudah dalam kondisi siap.

5. Cek Kebersihan Lensa Kamera dan Layar Ponsel

Sebelum memulai memotret, cek terlebih dahulu kondisi kamera ponsel. Pastikan lensa dalam kondisi bersih dan terbebas dari minyak ataupun debu karena dapat mengganggu pengambilan gambar. Disisi lain, bersihkan juga layar ponsel dan atur kecerahan hingga setengah atau maksimal. Tujuannya adalah agar dapat melihat preview gambar secara jelas.

Jika terdapat kotoran pada lensa kamera, bersihkanlah dengan kain yang lembut agar tidak merusak fisik luar lensa. Begitu juga ketika membersihkan layar ponsel, gunakanlah kain bersih dan berikan sedikit air jika memang ada noda membandel.

6. Pahami Fitur Pada Ponsel

Pada beberapa jenis smartphone, ada tambahan fitur pada aplikasi kamera. Adapun beberapa contoh tambahan fiturnya adalah tone warna, mode fokus, penghitung jarak, contrast dan lain sebagainya. Sebagai pemilik dan ingin menggunakannya dalam memotret suatu objek, pastikan sudah paham seluruh fiturnya dengan baik.

7. Edit Secukupnya

Jika foto pemandangan sudah diambil dan merasa kurang puas dengan hasilnya, boleh melakukan edit sewajarnya. Editing foto agar tidak mengurangi nilai pemandangan alam yang asli, disarankan mengedit pencahayaan, ketajaman dan sejenisnya saja. Hindari juga pengeditan dengan menambahkan filter warna ataupun sejenisnya.

Pada dasarnya bagus atau tidaknya hasil suatu foto bukan tergantung dari seberapa tinggi resolusi kamera yang dimiliki. Akan tetapi tergantung dari pengalaman dan trik untuk memotret pemandangan yang diterapkan. Semakin berpengalaman dan menggunakan teknik yang benar, maka akan semakin baik hasil fotonya.